Urgensi Psikologi Agama Bagi Guru Pendidikan Agama Islam
Keywords:
Urgensi, Psikologi, Guru AgamaAbstract
Tujuan kajian ini adalah untuk membahas pentingnya urgensi psikologi agama bagi guru pendidikan agama islam. Dengan metode kajian studi kepustakaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa Ilmu yang mempelajari tingkah laku keberagamaan dan pengaruh keyakinan beragama terhadap kehidupan umumnya merupakan makna dari psikologi agama. Urgensi psikologi agama bagi guru, khususnya guru agama, akan sangat berguna dalam menanamkan jiwa agama bagi anak didik. Pengetahuan ilmu jiwa agama bagi guru agama, menjadikan ia mampu memilih pendekatan dan metode dalam pembelajaran agama sehingga dapat memberikan kesadaran beragama kepada anak didik yang tercermin melalui pengalaman beragama anak didik dan guru agama sendiri.
References
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional; Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Cet. III, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2005).
Jamaluddin, PsikologiAgama, Cet. 16, (Jakarta; Rajawali Press, 2012).
Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta; PT RajaGrafindo Persada, 2008).
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
Muhammad Jamaluddin Ali Mahfuzh, Psikologi Anak dan Remaja Muslim, Terj. Abdul Rosyad Shiddiq dan Ahmad Vathir Zaman, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsra, 2001).
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologis Proses Pendidikan, Cet. III, (Bandung; Remaja Rosdakrya, 2005).
Peraturan Pemerintah nomor 15 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Perkembangan – sejarah Psikologi Agama dan Manfaatnya, diunduh dari http://sumber-mu.blogspot.com/2012/06/pengertian-sejarah-psikologi-agama-dan.html tanggal 12 April 2015
Safrilsyah, Psikologi Agama; Suatu Pengantar, (Banda Aceh; Ar-Raniry Press, 2004).
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta; PT RajaGrafindo Persada, 2007).
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta; PT. Rineka Cipta, 2000).
_______, Psikologi Belajar, Cet. I, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002).
Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zakiah Darajat, Ilmu Jiwa Agama, Cet. XV, (Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1996).
_______, Kepribadian Guru, Cet. IV, (Jakarta; PT. Bulan Bintang, 2005).
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />