Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Keywords:
Pembelajaran, Contextual Teaching, LearningAbstract
Fenomena yang terjadi, sebagian besar teknik dan suasana pengajaran di sekolah-sekolah yang digunakan para guru tampaknya lebih banyak menghambat untuk memperoleh prestasi siswa. Peserta didik disiapkan sebagai seorang anak yang harus mau mendengarkan, menerima seluruh informasi dan mentaati segala perlakuan gurunya. Banyak proses pembelajaran yang dilakukan guru masih bersifat tradisional, sehingga berdampak pada kurangnya antusias peserta didik dalam meraih prestasi belajarnya. Seharusnya guru, dalam pengembangan proses belajar mengajar harus mampu memainkan peranannya sebagai sumber belajar, motivator, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing dan evaluator. Guru harus dapat memberikan kepuasan bagi anak didiknya. Salah satu model pengembangan pendidikan yang memberikan pengaruh adalah dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Karena model Contextual Teching and Learning mampu menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu menggambarkan suatu teknik dalam pembelajaran yang diterapkan.
References
Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, cet.1, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Departemen Pendidikan Nasional, Pendekatan Kontekstual, Jakarta: 2002.
Esti Wurdani D.S. Psychology Pendidikan, Jakarta: Grasindo, 2002.
Indra WS, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jombang: Lintas media,t.t..
J. J. Hasibuan, et al., Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006..
Hamzah B. Uno, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif, cet. 4 ,Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya, 1995 .
Siti Halimah, Strategi Pembelajaran: Pola Dan Strategi Pengembangan Dalam KTSP ,Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif ,Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Tim Redaksi, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010.
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />