PENGEMBANGAN KURIKULUM MA’HAD ALY

(Studi Kasus Ma’had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya)

Authors

  • Tajussubki Tajussubki IAI Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.143

Keywords:

pengembangan kurikulum, ma'had aly

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya yang terdiri dari: konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya, proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya, dan pengaruh pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya terhadap kemampuan mahasantri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi dua sumber data yaitu: data primer yang terdiri dari direktur, wakil direktur Ma’had Aly bidang akademik urusan kurikulum, dosen, dan mahasantri. Data skunder yaitu data tentang konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya meliputi; latar belakang pengembangan kurikulum Ma’had Aly Darul Munawwarah; dasar atau prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di Ma’had Aly Darul Munawwarah. Data Proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly meliputi; metode penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum, pengawasan  kurikulum. Data pengaruh pengembangan kurikulum terhadap kemampuan mahasantri. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum memasuki lapan­gan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan hingga penelitian sampai tuntas. Adapun komponennya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya semua berada pada kriteria baik. Proses pengembangan kurikulum berada pada kriteria baik, karena metode penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum dan pengawasan kurikulum itu oleh pihak Ma’had Aly sendiri, karena Kemenag memberikan wewenang secara penuh kepada Ma’had Aly untuk dapat menjalankan pendidikan; dan pengaruh pengembangan kurikulum Ma’had Aly terhadap kemampuan mahasantri itu bisa dikatakan baik dan berpengaruh kepada arah yang positif, sehingga mahasantri bisa mengembangkan potensinya. Berdasarkan penelitian ini disarankan pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik dan menjadi model pengembangan kurikulum lembaga pendidikan Ma’had Aly serta perguruan tinggi lainnya.

References

A. Muri Yusuf, Metode Penelitian, Jakarta: Kencana, 2014.

Abdul Majir, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Deepublish, 2012.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional, Undang-Undang SISDIKNS, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Erma Fatmawati, Profil Pesantren Mahasiswa, Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2015.

Fajri, Melahirkan Santri yang Tidak Bermental Inlander, Jurnal Dayah No. I, 2 Juni 2014.

Heri Gunawan, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta, 2012.

Agus Zaenul Fitri, Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam Dari Normatif-Filosofis ke Praktis, Bandung: Alfabeta, 2013.

Kadek dkk, Merancang Penilaian Autentik, Bali: Media Educations.

Marwan Saridjo, Sejarah Pesantren di Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1992.

Marzuki, Metodologi Riset, Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UII, 2009.

Miles, Huberman dan Saldana, Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook, USA: Sage Publication, 2014.

Muhammad Nasir, Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah, Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 2 Oktober 2009.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendidikan, cet.V, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2009.

Oemar Hamalik, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Sholeh hidayat, Pengembangan Kurikulum Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Ban-dung: Alfabeta, 2010.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Tahar Yusuf & Saiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1997.

Teuku Zulkhairi, Ma’had Aly Perguruan Tingginya Dayah, Serambi Indonesia Online, diakses pada tanggal 1 Oktober 2018.

Wiji Hidayati, Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Pedagogia, 2012.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.

Zainal Arifin, Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.

Published

2021-12-30

How to Cite

Tajussubki, T. (2021). PENGEMBANGAN KURIKULUM MA’HAD ALY : (Studi Kasus Ma’had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya). Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 7(2), 293-305. https://doi.org/10.54621/jiat.v7i2.143