Wasiat Luqman Al-Hakim

(Kajian Tafsir Surat Luqman ayat 13-19)

Authors

  • Hanif Maulana Universitas Bina Bangsa Getsempada
  • Tajussubki Tajussubki IAI Al-Aziziyah Samalanga

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.650

Keywords:

Wasiat, Luqman Al-Hakim, Anak, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang wasiat Luqman Al-Hakim yang tersebut dalam surat Luqman ayat 13-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam artikel ini adalah dengan menerjemahkan ayat Al-Qur`an, menafsirkan, dan menyimpulkan pemahaman yang telah dicari oleh peneliti dari ayat tersebut, sehingga mendapatkan hasil yang lebih rinci dan jelas serta dapat dipahami secara mudah oleh setiap pembaca. terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 pada dasarnya meliputi tiga pendidikan fundamental yaitu; pendidikan aqidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan syariah. Pendidikan aqidah yang terdapat dalam surat Luqman adalah pada ayat 13 yaitu “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Kemudian pendidikan akhlak yang tercantum dalam surat Luqman adalah pada ayat 14, 15, 16, 18 dan 19, pada ayat 14 dan 15 menjelaskan perintah berbuat baik kepada kedua orangtua, pada ayat 16 menyatakan tentang pembalasan amal keburukan walaupun se biji sawi Allah tetap membalaskannya, pada ayat 18 menyebutkan tentang tidak boleh sombong terhadap sesama manusia, dan pada ayat 19 menjelaskan tentang tingkah laku atau gerak-gerik kelakuan manusia, dan menganjurkan bersikap lemah lembut dan rasa tawadhu’. Kemudian pendidikan yang tertara dalam surat Luqman adalah pada ayat 17 yaitu “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu.”

References

Penelitian ini mengkaji tentang wasiat Luqman Al-Hakim yang tersebut dalam surat Luqman ayat 13-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam artikel ini adalah dengan menerjemahkan ayat Al-Qur`an, menafsirkan, dan menyimpulkan pemahaman yang telah dicari oleh peneliti dari ayat tersebut, sehingga mendapatkan hasil yang lebih rinci dan jelas serta dapat dipahami secara mudah oleh setiap pembaca. terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 13-19 pada dasarnya meliputi tiga pendidikan fundamental yaitu; pendidikan aqidah, pendidikan akhlak, dan pendidikan syariah. Pendidikan aqidah yang terdapat dalam surat Luqman adalah pada ayat 13 yaitu “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Kemudian pendidikan akhlak yang tercantum dalam surat Luqman adalah pada ayat 14, 15, 16, 18 dan 19, pada ayat 14 dan 15 menjelaskan perintah berbuat baik kepada kedua orangtua, pada ayat 16 menyatakan tentang pembalasan amal keburukan walaupun se biji sawi Allah tetap membalaskannya, pada ayat 18 menyebutkan tentang tidak boleh sombong terhadap sesama manusia, dan pada ayat 19 menjelaskan tentang tingkah laku atau gerak-gerik kelakuan manusia, dan menganjurkan bersikap lemah lembut dan rasa tawadhu’. Kemudian pendidikan yang tertara dalam surat Luqman adalah pada ayat 17 yaitu “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu.”

Published

2023-12-31

How to Cite

Maulana , H. ., & Tajussubki, T. (2023). Wasiat Luqman Al-Hakim : (Kajian Tafsir Surat Luqman ayat 13-19). Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(2), 146-153. https://doi.org/10.54621/jiat.v9i2.650