Peran Pimpinan Dalam Menanggulangi Tindakan BUllying di Dayah Terpadu Darul Ma'rifah Banda Baro Aceh Utara
DOI:
https://doi.org/10.54621/jiat.v10i1.819Keywords:
Peran, PeranPimpinan, Bullying, DayahAbstract
Pimpinan dayah merupakan pengganti orang tua santri di dayah, sehingga memiliki peran penting dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada santri. Salah satu tindakan negatif yang sering terjadi dan harus mendapatkan perhatian khusus dari pimpinan dayah adalah bullying. Bullying merupakan tindak kekerasan yang dilakukan oleh seseorang kepada orang yang lemah dalam bentuk fisik atau psikis. Apalagi di dayah yang mana santrinya 24 jam bersama tentunya tidak tertutup kemungkinan akan terjadinya bullying diantara mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pimpinan dalam menanggulangi tindakan bullying di Dayah Terpadu Darul Ma’rifah. Penulis memilih Dayah Terpadu Darul Ma’rifah sebagai lokasi penelitian karena sering terjadi bullying di dayah tersebut berdasarkan informasi yang penulis terima. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Peran pimpinan dayah dalam menanggulangi bullying di dayah diantaranya: a) peran pimpinan sebagai pembuat kebijakan yang akan diterapkan di dayah untuk meningkatkan kedisiplinan santri dan menanggulangi bullying. b) Memberikan pemahaman kepada santri akan bahayanya bullying. c) Menindaklanjuti langsung santri yang melanggar aturan dayah termasuk melakukan bullying untuk sleanjutnya dinasehati dan penandatanganan surat perjanjian. d) Memberikan penyuluhan kepada santri khususnya tentang bahaya bullying secara masif. 2). Sikap orang tua terhadap hukuman atau sanksi yang diberikan kepada santri yang melakukan kesalahan adalah setuju dan mendukung. 3) Metode yang digunakan dalam menanggulangi bullying adalah: a) Mendeteksi tindakan bullying sejak dini b) Pendidikan anti bullying c) Meningkatkan pengawasan di dayah d) Membangun lingkungan dayah yang positif. e) Partisipasi orang tua. f) Konsekuensi.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
<meta name="google-site-verification" content="my376V_zufsFS7u-tp5mnbkhXyMKWFtW5e61aFjBujU" />