Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAI Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

Authors

  • Nurbaiti Ibrahim Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Murdani Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v8i2.373

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, Karakter, Nahwu, Sharaf

Abstract

Pendidikan karakter merupakan model pendidikan yang tengah dilakukan di Indonesia, dimana dunia saat ini sedang krisis karakter, banyak orang yang berpendidikan tinggi tetapi memiliki karakter yang buruk, seperti korupsi, melakukan tindakan asusila dan lain-lain. Pendidikan karakter perlu diberikan pada setiap jenjang pendidikan bahkan pada semua mata pelajaran, karena itu peneliti melakukan penelitian di kampus keagamaan seperti di Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengalaman selama kuliah), wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ditemukan bahwa kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga sudah menyesuaikan dengan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).Pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan Bahasa Arab dilakukan rangka untuk mencapai tujuan sebagaimana yang tertera dalam profil lulusan yaitu pendidik mata pelajaran Bahasa Arab pada sekolah/madrasah (SD/MI; SMP/MTS; SMA/MA/SMK/MAK) yang berkarakter baik dan profesional, peneliti dan pengembang bahan ajar Bahasa Arab yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya, mampu dalam melaksanakan tugas serta bertanggungjawab berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.95% Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab di lembaga ini mampu menguasai kaidah nahu sharaf, karena digembleng dengan dasa-dasar nahu sharaf di tempat pemondokan.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Ara Hidayat dan Imam Machali, Pengelolaan Pendidikan, Cet. I, Bandung: Pustaka Educa, 2010.

Dinn Wahyudin, Manajemen Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Dokumen Prodi PBA Tahun 2018-2022.

E. Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Hasan Hariri Dkk, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Media akademi, 2016.

Muchlas, Samani dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Mursidin, Sumber Pendidikan Sebuah Formula Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah/Madrasah, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.

Nasution,S, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksar, 2005.

Rusman, Manajemen Kurikulum, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009, cet. 9.

Teguh Triwiyanto, Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

Wawancara dengan Tgk. Murdani, M.Ag Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh, tanggal 28 Mei 2022.

Published

2022-12-31

How to Cite

Ibrahim, N., & Murdani. (2022). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab di IAI Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(2), 148-157. https://doi.org/10.54621/jiat.v8i2.373