Konsep dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh

Authors

  • Zulfan Fahmi Institut Agama Islam Al Aziziyah Samalanga Aceh
  • Amiruddin Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga Bireuen Aceh

DOI:

https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.131

Keywords:

Pengembangan, Kurikulum, Ma'had Aly

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data tentang pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh yang terdiri dari: konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI, proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini dapat dikelompokkan menjadi dua sumber data yaitu: data primer yang terdiri dari direktur, wakil direktur Ma’had Aly bidang akademik urusan kurikulum, dosen, dan mahasantri. Data skunder yaitu data tentang konsep pengembangan kurikulum Dayah MUDI meliputi; latar belakang pengembangan kurikulum Ma’had MUDI; dasar atau prinsip-prinsip pengembangan kurikulum di Ma’had Aly MUDI. Data Proses pengembangan kurikulum Ma’had Aly meliputi; metode penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum, pengawasan  kurikulum. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sebelum memasuki lapan­gan, Adapun komponennya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan konsep pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI semua berada pada kriteria baik. Proses pengembangan kurikulum berada pada kriteria baik, karena metode penyusunan kurikulum, penilaian kurikulum dan pengawasan kurikulum itu oleh pihak Ma’had Aly sendiri, karena Kemenag memberikan wewenang penuh kepada Ma’had Aly untuk dapat menjalankan pendidikan; dan implikasi pengembangan kurikulum Ma’had Aly terhadap kemampuan mahasantri itu bisa dikatakan baik dan berpengaruh kepada arah yang positif, sehingga mahasantri bisa mengembangkan potensinya. Berdasarkan penelitian ini disarankan pengembangan kurikulum Ma’had Aly di Dayah MUDI terus ditingkatkan ke arah yang lebih baik dan menjadi model pengembangan kurikulum lembaga pendidikan Ma’had Aly serta perguruan tinggi lainnya.

References

Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Nasional, Undang-Undang SISDIKNS, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Peraturan Menteri Agama Nomor 3002 Tahun 2016, Jakarta, 5 Mei 2016.

Heri Fadli, Antoni, Manajemen Pendidikan Ma’had Aly (Studi Kasus Di Ma’had Aly Darul Hikmah Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lombok Barat NTB), Jurnal EL-HIKAM, 2016.

Marwan Saridjo, Sejarah Pesantren di Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1992.

Muhammad Nasir, Pengembangan Kurikulum Berbasis Madrasah, Jurnal Pendidikan Vol. 10 No. 2 Oktober 2009.

Mukhlisuddin, Dayah dan Perdamaian Aceh, Majalah Umdah Edisi VI, April 2013.

Ridho Riyadi, Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Al-Aimmah (MAA) dan Ma’had Abdurrahman Bin Auf Malang, Tesis, (Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2016.

Sumber Data: Tata Usaha Biro Akademik Ma’had Aly Darul Munawwarah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Tajussubki, “Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly (Studi Kasus Ma’had Aly Darul Munawwarah Kuta Krueng Pidie Jaya)”, Jurnal At-Tarbiyyah, Vol. 6. No. 2, 2021.

Teuku Zulkhairi, Ma’had Aly Perguruan Tingginya Dayah, Serambi Indonesia. 2018.

Published

2022-01-18

How to Cite

Fahmi, Z., & Amiruddin. (2022). Konsep dan Proses Pengembangan Kurikulum Ma’had Aly Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Bireuen Aceh. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 8(1), 11-22. https://doi.org/10.54621/jiat.v8i1.131

Most read articles by the same author(s)